Breaking News
Loading...
Selasa, 24 Maret 2015

Tari Topeng Masyarakat Betawi

21.55
Tari Topeng Masyarakat Betawi
tari topeng betawi
Tari Topeng ini adalah bagian daari pertunjukan tradisonal.  Siapa yang tidak mengetahui Tarian ini ? Tari ini tidaklah asing terdengar pada masyarakat betawi, Mungkin kalian pernah melihat kesenian ini, bagai kalian yang belum tau saya akan menginformasikan tentang tari Topeng ini.
Tari topeng adalah Tarian Tradisional khas masyarakat Betawi, Tari ini memiliki gerakan yang sangat lincah dan juga riang, Tari inni biasanya diiringi dengan Musik Gambang Kromong. dan penarinya menggunakan Topeng kayu. 
Pada zaman dulu, Tari Topeng Betawi ini adaalah bagian dari pertunjukan Topeng betawi, Topeng betawi sendiri adalah pertunjukan yang menggabungkan antara seni Tarian, Drama, dan Nyanian, Hampir sama dengan pertunjukan teater, Dulunya topeng Betawi sering dipertunjukan secara keliling, terutama pada acara-acara yang penting seperti acara Khitanan ataupun Pernikahan, Biasanya Group Topeng Betawi ini disewa guna untuk memeriahkan acara
tersebut. 
Tari Topeng sendiri biasanya sebagai Tari Pembuka atau sebagai penutup pertunjukan Topeng Betawi, tetapi sangat sayang saat ini kesenian Topeng Betawi ini sudah Jarang dilihat atau Di pertunjukan lagi.
Dan kabar baiknya Tari Topeng Betawi ini sudah menjadi pertunjukan Tersendiri, sehingga tarian ini masih sering sipentaskan, 
Beraneka ragam Topeng betawi yang dikenal adalah :
  • Tari Lipet gendes
  • Tari Topeng Tunggal
  • Tari Enjot enjotan
  • Tari Gegot 
  • Tari Topeng cantik
  • Tari Topeng Putri
  • Tari Topeng Ekspresi
  • Tari Kang Aji
Adapun syarat untuk menarikan tarian ini adalah Penari Tersebut tidaklah boleh terlihat Murung atau Sedih, Penari harus menari dengan lincah atau tanpa Beban, Sipenari Jarus gendes atau Luwes dan Gemulai, dan penari juga Harus terlihat riang atau ceria. 
Si penari Topeng ini menggunakan topeng kayu dan instimewanya agar Topeng tersebut menempel dimuka Penari , Penari tersebut harus menggigit Bagian belakan Topeng. Jika tidak terbiasa melakukanya patilah akan terasa pegaal dan capek.
Topeng Betawi ini Juga dipengaruhi oleh budaya sunda sehingga Bahan Topengnya terbuat dari kayu, Topeng yang digunakanya pun sama dengan Tari Topeng Benjet dari Karawang Jawa Barat.

Semoga bermanfaat Informasi yang saya berikan, Atas perhatianya saya ucapkan Banyak terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer