Breaking News
Loading...
Minggu, 08 Maret 2015

Adat Upacara Yang di Nusa Tenggara Barat

23.52
Wisata yang berada di Indonesia ini tidak hanya sekedar menyuguhkan Keindahan alam, Wisata kuliner, dan Petualanganya saja, Menjelajah Keudayaan dan Adat istiadat juga merupakan sisis lain wisata kekayaan alam yang ada di Indonesia, Salah satunya adalah Nusa Tenggara Baarat, Sama halnya dengan budaya di daerah lain, budaya di Nusa Tenggara Barat pun memiliki beberapa jenis upacara adat. Berikut beberapa upacara adat yang ada di Nusa Tenggara Barat Yang Unik dan penuh makna :
1. Upacara U’a Pua 


Upacara U’a Pua Adalah sebuah upacara yang berkaitan dengan pelaksanaan peringatan maulid Nabi Besar Muhaammad SAW. Upacara ini diadakan selama Tujuh haru berturut-turut, Menampilkan atraksi-atraksi yang dibawakan oleh para masyarakat mbojo dari Bima, yang diawali dengan pawai dari istana Bima yang diikuti oleh semua masyarakat istana, penari, dan group kesenian.

2. Upacara Perang Topat


Upacara Perang Topat Merupakan sebuah wujud rasa syukur atas semua kemakmuran dan kesejahteraan kepada Tuhan Yang maha Esa, karena telah memberikan tanah yang subur, serta hujan yang cukup, Topat ini dilakukan oleh suku Sasa, dan biasanya upaacara ini dilakukan setelah pedande dilakukan, sedangkan pedande itu sendiri adalah salah satu ritual pemujaan yang dilakukan pada sekitar jam 17.30 waktu setempat. 

 3. Bau Nyale 


Menurut legenda orang setempat menyebut Nyale adalah Sebuah Cacing laut yang merupakan Renkarnasi seorang putri yang bernama Mandalika, Mandalika adalah seorang putri yang cantik jelita dan mempunyai sifat yang budi luhur, lalu putri Mandalika sengaja menyeburkan dirinya kedalam laut, karena tidak ingin mengecewakan paraa pangeran-pangeran yang berebut untuk memilikinya,  Upacara yang dilakukan oleh suku Sasak ini dilakukan setiap tahun antara bulan Februari hingga Maret yang bertempat di Pantai Seger Kuta, Kemunculan Nyale ini biasanya ditandai dengan adanya keajaiban alam. Jika Nyale banyak muncul, itu artinya, panen akan melimpah. .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer