Breaking News
Loading...
Jumat, 24 April 2015

Tari Alang Babega Dari Sumatera Barat

18.54
Tari Alang Babega Dari Sumatera Barat
Tari Alang Babega


Meskipun Tari ini menggambarkan suatu hal yang sederhana, namun Tari Alang Babega ini adalah salah satu kekayaan budaya tari Sumatera Barat yang sangat menakjubkan.

Seni tari adalah seni tari yang sudah berada sejak ribuan tahun yang lalu, dan banyak dari kesenian tari di dunia yang didasari dengan hal yang sederhana juga, Tari alang Babega ini adalah salah satu tarian yang memiliki konsep yang sederhana, tari ini menggambarkan gerakan yang meniru dari gerakan terbang burung elang diudara, yang bersiap menukik untuk menyambar mangsanya

Tari Alang Babega ini adalah salah satu tarian yang mengambil contoh gerakan dari alam yang berada disekitarnya, yang mana hal ini sangat umum dalam berbagai jenis tarian tradisional. Gerakan yang meniru alam sekitar menggambarkan apresiasi terhadap alam.

Tarian yang Dinamis dan Atraktif

Sesuai namanya yaitu Alang babega, tari ini memiliki gerakan-gerakan yang menggambarkan gerak terbang burung elang yang berada di udara sehingga gerakan yang di timbulkan penarinya banyak melibatkan rentangan tangan dan menukik dengan meniru dari gerakann sayap elang, pada awal mulanya seperti terbang melayang, kemudian mengeluarkan gerakan yang lebih dinamis hingga gerakan tersebut mirip dengan burung elang yang sedang menyambar anak ayam yang berada di tanah. 
Tari Alang Babega Dari Sumatera Barat

Biasanya tarian ini ditarikan oleh dua sampai enam orang penari. atau bahkan bisa lebih, tergantung dengan formasi serta jumlah penari yang tersedia dan biasanya koreografinya menyeseuaikan, Tari Alang Babega ini bisa ditarikan oleh laki-laki maupun perempuan bisa juga laki-laki saja, perempuan saja bisa juga digabungkan, masing-masing penari mengenakan pakaian yang neriah dan melakukan gerakan-gerakan yang dinamis sehingga menimbulkan kesan yang sangat menarik, Tari ini juga bisa dibilang merupakan jenis tarian yang lebih kontemporer dibandingkan dengan yati piring

Tarian ini juga kerap dijadikan salah satu jenis tari yang diajarkan pada anak-anak sekolah atau di berbagai kampus di Sumatera Barat. Gerakannya yang mirip burung terbang membuat anak-anak senang memelajarinya.

Tari alang babega adalah salah satu tarian yaang dibanggakan para masyarakat Sumatera Barat, sehingga tak heran jika tari ini di pertunjukan di berbagai pentas baik di dalam Negeri sampai dengan ke luar Negeri, Tari Alang Babega ini juga menjadi salah satu jenis tarian yang sering di pertunjukan di panggung Luar Negeri misalnya pada ssaat acara Kebudayaan. .
Menunjukkan aspek seni dari bela diri tersebut. Bela diri ini sudah berakar selama berabad-abad sehingga dijadikan dasar dari banyak tari kesenian dari Sumatera barat.

Tari Alang Babega Dari Sumatera Barat


Demikian yang bisa saya informasikan semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer