Breaking News
Loading...
Selasa, 03 Maret 2015

5 Gunung Yang Paling indah Di daki Di Indonesia

22.30


Gunung adalah salah satu tempat kita untuk melihat keindaahaan yang di ciptakaan tuhan yang maha esa. Indonesia telah kita kenal memiliki banyak gunung yang sangat indah, bersama teman,keluarga, bahkan kekasih kalian bisa mendaki gunung dan nikmati sensasinya juka sudah berada di puncak gunung
banyak gunung di ndonesia yang menyuguhkan pengalaman yang sempurna, udara yang sejuk dan bersih, dan udara yang dingin menusuk kulit menjadi sensasi tersendiri bagi para pendaki.

dengan letak geologis Indonesia adalah doposisi yaang sungguh unik, berada di lempeng tektonik Hindia-Australia. lempeng Eurasia dan Pasifik, dan terdapatlah gunung-gunung dengan keindahan alam dikawasan Indonesia. bahkan salah satu gunung di Indonesia termasuk dalam Tujuh puncak dunia, selain dari itu indonesia juga termasuk negara yang memiliki gunung berapi terbesar di dunia.
Berikut adalah gunung-gunung yang memiliki keindaahan alamnya dan menjadi tempat favorit bagi kalian para pecinta pendaki Indonesia maupun Internasional :

1. Pegunungan Jayawijaya



Gunung Jayawijaya ini adalah gunung yang tertinggi di Indonesia bahkan tertinggi di kawasan ocean, tak salah jika para pendaki gunung memiliki keinginan besar untuk menaklukanya, terletak di bagian papua barat pegunungan jayawijaya merupakan gunung yang terbentang memanjang di tengah pulau papua, Pegunungan jayawijaya ini juga dikenal dengan gunung cartenz dengan ketinggian 4.800 mdpl. sehingga pegunungan ini masuk dalam tujuh puncak dunia (Seven summit). gunung ini adalah satu satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi, sehingga tak sedikit pendaki gunung dari berbagai penjuru dunia untuk merasakan salju abadi tersebut.

pegunungan ini terbentuk karena adanya pengangkatan dasar lautyang terjadi pada ribuan tahun yang lalu, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil kerang laut yang ada di batuan pegunungan tersebut, sehingga tak berlebihan jika tempat ini menjadi surga bagi para pebdaaki dan ahli geologi.



2. Gununug Rinjani




Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggin kedua di Indonesia sekaligus jadi puncak tertinggi di kepulauan Nusa Tenggara dan Bali dengan ketinggian (3.726 mdpl), gunnnug yaang bertempat di pulau lombok ini memiliki segara anakan di bagian barat krucut gunung Rinjani, segara adalah sebuah danau di ketinggian 2000m dengan luas 11 juta meter persegi dengan kedalaman 230m. biasanya tempat ini di gunakan untu berkemah dan memancing para pendaki karena terdapat banyak ikan mas dan mujair, aliran air dari danau ini membentuk air terjun yang mengalirmelewati jurang yang curam. Untuk mencapai puncaknya di butuh kan waaktu 3 hari 2 malam. dengan jalur trek yang sangat berat dan menantang tetapi hal itu terbayar dengan sempurna dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata bagi para pendaki. kalian bisa melihat jelas Gunung Ijen merapi di Banyuwangi, Gunung Agung Di Bali dan Gunung Tambora di Sumbawa pada saat cucaca yang cerah di puncak Rinjani. Untuk mengunjungi waktu yang tepat ke Gunung Rinjani ini adalah pada bulan Juni-Agustus, dan untuk mencapainya kalian dapat menggunakan kendaraan umum dari maataram menuju ke desa sambulan atau desa senaru yang sebagai gerbang pendaki Gunung Rinjani.

3. Gunung Kelimutu




Gunung Kelimutu ini memiliki fenomena yang unik gunung ini mempunyai danau tida warna di puncak Gunung Kelimutu, luas ketiga danau ini sekitar 1.051.000meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik, warna danau tersebut selalu berubah seiring dengan perjalanan waktu, Fenomena alam Danau tiga warna sampai sekarang masih menjadi misteri para ahli geologi dunia karena tidak dapat dipastikanya sebab perubahan warna pada danau tersebut, Gunung ini terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian ( 1.639 mbpl ), Bagi masyarakat lokal percaya bahwa Danau tiga warna ini memiliki artinya masing-masing dan besarnya kekuatan alam. di sertiap danau atau Tiwu Kelmutu ada tiga bagian nama yaang sesuai dengan warna-warna yang ada di dalam danau, Tiwu Nuwa Miri Koo fai atau danau berwarna biru memiliki ari bahwa tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang meninggal, Tiwu Ata palo atau danau berwarna merah ini memiliki arti berkumpulnya jiwa-jiwa orang meninggal yang selama mereka hidup melakukan kejahatan dan Tiwu Ata Mbupu atau danau berwarna putih memiliki arti bahwa tempat berkumpulnya jiwa orang-orang tua yang telah meninggal.

4. Gunung Semeru




Gunung seemeru ini terletak di perbatasan Kota Malang dan Lumajang, dan menjadi puncak tertinggi di pulau jawa yaitu terdapat di puncak mahameru dengan ketinggian ( 3.675 mdpl ), Gunung Semeru ini memiliki lereng bukit yang di tumbuhi bunga edelweiss, semara, padang rumput dan pohon pinus yang tumbuh di jalur menuju puncak
Mahameru ini, juga memiliki Ranu Kembolo, sebuah danau yang berada pada ketinggiaan 2.400 meter dengan luas 14 ha dan memiliki panorama alam yang indah untuk melihat dan juga kita dapat menikmati pemandangan matahari terbitdi sela-sela bukit.
Untuk menapai puncak mahameru di perlukan waktu sekitar empat sampai lima hari, tentunya dengan wajtu tempuh tersebut, kita harus mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan kita secara matang, tetapi ketika kita sampai di wilayah Arcopodo sebuah wilayah vegetasi terahir di Gunung semeru, Sebaiknya semua barang yang membebani di tinggal karena pendakian menuju puncak Mahameru melewati bukit pasir yang curam dan mudah sekali terperosot, sedangkan waktu yang tepat untuk mencapai puncak adalah sekitar jam 2 pagi karena pada jam tersebut belum berhembus gas beracun dari kawah Jonggring saloka, dengan keindahan alamnya gunung Semeru ini pernah menjadi lokasi film layar lebar.

5. Gunung Kerinci




Gunung kerinci adalah Gunung berapi Tertinggi di Indonesia yang masih aktiv. gunung ini memiliki ketinggian ( 3.805 mdpl ), Gunung ini memliki keindahan panorama yang natural dan kita bisa bisa menemui flora dan fauna dari dataran rendah hingga puncak gunung kerinci, tak hanya untuk di nikmati tetapi tempat ini juga bagus untuk pembelajaran pendidikan.
untuk mencapai puncak gunung Kerinci memakan waktu tempuh Dua hari dari posko kersik Tuo, dikawasan ini juga terdapat surga tersembunyi, yaitu Danau Tujuh Gunung, adalah sebuah telaga kawah di  ketinggian 2000m dan dikelilimgi perbukitan di sekitar Gunung kerinci yang hampir Tak terjamah.

Bagi kalian para pecinta pendaki itu adalah gunung gunung yang wajib kalian tahlukan semoga menjadi refrensi bagi tujuan pendakian kalian, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer