Breaking News
Loading...
Jumat, 20 Maret 2015

10 Gunung PalingTinggi Di Indonesia

22.52
Indonesia adalah negara yang unik dan mempunyai ribuan pulau yang terbesar hal ini yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kepulauan yang terbesar di dunia. dan pulau-pulau tersebut pu menjadi rumah bagi Gunung-gunung yang sangat tinggi dengan rata-rata ketingian mencapai lebih dari 2.000 meter diatas permukaan laut.
Berikut adalah 10 GunungYang tertinggi di Indonesia dan kalian para pendaki gunung ini menunggu kalian :

1. Puncak Jaya Wijaya, Papua



Puncak Jaya Wijaya ini lebih dikenal dengan nama Cartenz Pyramid, Gunung ini juga menjadi Titik tertinggi di Indonesia dan kawasan Oseania, menjadi barisan Sudirman ( Barisan pegunungan di Papua ) dan puncak Jaya Wijaya ini memliki ketinggian mencapai 4.884 Mdpl.

2. Puncak Mandala, Papua

Gunung Puncaak Mandala ini adalah gunung tertinggi ke dua di Indonesia Gunung ini Juga bertempat di Papua, Gunung Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 Mdpl dan merupakan bagian dari pegunungan  Jayawijaya di sebelah Timur Papua, Pada tahun 90an Kawasan tertinggi di puncak mandala ini Sering di tutupi oleh salju, Tetapi seiring dengan waktu pemanasan global pun telah melelehkan salju di puncak mandala tersebut. 


Tepatnya pada tahun 2003 tidak terlihat lagi salju yang menutupi puncak tertinggi di dunia dan kawasan Oseania Tersebut, Walaupun demikian puncak Mandala ini tetap menjadi salah satu tantangan yang berat bagi para pendaki baik dari dalam maupun luar Negri.

3. Puncak Trikora, Papua



Puncak Trikora ini dapat ditemukan di sebelah timur bagian sudirman, dan juga masih bertempat di Papua, sama seperti Puncak Mandala, Puncak Trikora ini menjadi salah satu puncak tertinggi di papua pada jaman dulu Puncak ini juga diselimuti salju tetapi pada tahun 1962 tak terlihat lagi salju yang menyelimuti Puncak trikora ini.
Puncak ini memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Puncak trikora ini juga sempat dianggap menjadi gunung tertinggi jedua setelah Puncak jaya Wijaya, tetapi menururt data dari SRTM ( Shuttle Radar Topography Mission ) Puncak Trikora ini masih kalah tinggi dari Puncak Mandala.

4. Ngga Pilimsit, Papua



Masih berasal dari Papua Gunung Ngga Pilimsit ini juga berada di kompleks pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua dan Indonesia.  Gunung Ngga Pilimsit ini lebih rendah dari Gunung-gunung tertinggi lainya, Gunung ini hanya memiliki tinggi maksimal 4.717 mdpl.
Gunung ini beraada di Bagian barat pegunungan Marauke, papua. berjarak sekitar 21 km ke arah timur laut dari Puncak tertinggi indonesia yaitu Jaya Wijaya

5. Gunung Kerinci, Jambi



Tidak hanya papua yang memiliki pegunungan dengan ketinggian lebih dari 3.000 mdpl, Gunung Kerinci adalah salah satunya, Gunung ini bertempat di pegunungan Bukit Barisan di wilayah Sumatera Barat dan Jambi, Gunung ini memiliki ketinggian maksimal 3.805 Mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan gunung tertinggi Ke 5 di indonesia, Gunung ini juga menjadi habitat dari beberapa hewwan langka seperti Badak Sumatera dan Hrimau.

6. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat



Gunung Rinjani ini adalah gunung yang paling indah di Indonesia dan menjadi salah satu salah satu surga wisata Indonesia, Dengan keindahannya Gunung Rinjani ini banyak menggoda para pecinta alam dan penikmat Fotografi untuk menaikinya, Terdapat danau kawah bernama segar anak Di bagian dalam Gunung Rinjani, yang menyempurnakan keindahan Gunung ini, Meski berada di ketinggian Ribuan Kilo Meter, Air dari danau kawah ini terasa dingin hal ni dikarenakan adanya hawa panas dari dasar Gunung Runjani, Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 Mdpl.

7. Gunung Semeru, Jawa Timur



Gunung Semeru ini tercatat sebagai gunung tertinggi di seluruh wilayah di Pulau Jawa, Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 Mdpl, dan membuat penasaran para pendaki dari dalam maupun dari luar Negri, Pendakian Gunung Semeru bukanlah hal yang mudah mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dan menuruni gunung ini bisa mencapai 4 hari. Para pendaki Gunung Semeru bisa berangkat dari wilayah Malang ataupun Lumajang di Jawa Timur. 

8. Gunung Sanggar



Gunung sanggar ini terletak di wilayah Lelongken Nusa Tenggara Barat, di kompleks pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani, Tinggi Gunung Sanggar ini mencapai 3.492 Mdpl.
Walaupun Gunung Sanggar masuk dalam daftar Gunung yang tertinggi di Indonesia, namun Gunung Sanggar ini Kurang populer di bandingkan dengan Gunung lainya,

9. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan



Gunung Rantemario ini terletak di Privinsi Sulawesi Selatan, dengan ketinggian mencapai 3.478 Mdpl, Gunung rantemario ini pun menjadi Gunung Tertinggi di Pulau sulawesi tetapi ada juga yang berpendapat jika Gunung ini masih kalah tingi dengan Gunung Rantekombala yang berada di wilayah pegunungan yang sama.

10. Gunung Slamet, Jawa Tengah



gunung Slamet ini Berada di Jawa Tengah Perbatasan Kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, walaupun pendakianya cukup sulit, tetapi Gunung Slamet ini menjadi salah satu Pendakian yang Populer, Karena gunung ini memiliki pemandangan yang indah.
Di bagian kaki gunung Selamet terdapat Objek Wisata Baturaden yang juga menjadi daya tarik Pariwisata Kota Purwikerto dan Kabupaten Banyumas.

Terima kasih Semoga Bermanfaat 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer