Breaking News
Loading...
Selasa, 10 Maret 2015

Beberapa Alat Musik Tradisional Dari Nusa Tenggara Timur

23.08
Telah kita kenal bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam budayanya, termasuk pada alat musik, Di Indonesia terdapat banyak sekali alat musik tradisional yang tersebar disetiap Yang salah satunya adalah budaya di Nusa Tenggara Timur.
Berikut adalah beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur:

1. Sasando


Sasando adalah alat musik khas dari Nusa Tenggara Timur, Alat musik ini mempunyai senar yang banyak dan dulu sempat dijadikan gampar pada pecahan mata uang Rp 5.000, Meskipun Cara memainkan alat musik ini sama dengan Gitar dan Kecapi, Tetapi ada keunikan tersendiri pada sasando ini, Baik dari segi bahan maupun Bentuknya, Sesando ini adalah alat musik Yang pembuatanya menggunakan bahan dari Pohon daun lontar yang di lebngkungkan setengah lingkaran, ini berfungsi sebagai Resonansinya. Kemudian pada ujung daun ke ujung daun yang lain terbentang Potongan bambu yang terlihat sebagai garis tengah padaa bundaran, Lalu diletakan ganjalan ditengahnya berfungsi untuk mengikat atau meletakan senar atau dawai, setiap nada yang dihasilkanya pun dipengaruhi oleh ganjalan tersebut. Keunikan yang dimiliki sasando dari alat musik petik lainya adalah terletak pada nada yang bervariasi dan memiliki senar yang banyak, mulai dari 28 senar, 56 senar dan 84 senar.

2. Foy Doa


Foy Doa adalah alat musik yang bentuknya hampir serupa dengan seruling, Alat musik ini juga terbuat dari bamboo yang diberikan beberapa lubang di atasnya, yang membedaakan alat musik ini dengan seruling adalah jika Foy Doa mempunyai Dua seruling yang diikat menjadi satu.

3. Foy Pay


Alat musik ini hampir sama dengan alat musik Foy Doa. dan juga biasanya alat ini dimainkan bersamaan dengan alat musik Foy Doa

4. Heo


Heo ini adalah alat musik yang memiliki kemiripan bentuk dengan alat musik biola, jadi bisa kita katakan bahwa Heo ini adalah Biola Versi tradisonal. Alat ini dibuat dengan mengguanakan bahan kayu, sedangkan alat geseknya terbuat dari bahan yang cukup unik yaitu dari bahan Ekor Kuda yang berbentuk seperti busur panah


5. Knobe Khabetas 


Alat musik ini Termasuk dalam katagori alat musik tiup yang memiliki bentuk serupa dengan busur panah, dan caraa memainkan ala musik ini adalah dengan cara meniup satu ujung busur sambil tali busurnya di getarkan.

Menarik bukan, Semoga bermanfaat Apa yang saya informasikan ini, Terima kasih atas perhatianya.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer