Breaking News
Loading...
Senin, 06 April 2015

Tari Lenggang Nyai bentuk dari pemberontakan

05.34
Pastilah setiap Seni Tari tradisional mempunyai sebuah pesan yang disampaikan lewat gerakan Tarinya, ada juga Tarian yang terinspirasi dari sebuah cerita sehingga sang Koreagrafer menciptakan gerak tarinya dalam bentuk Perjuangan, Cinta, Gairah dan yang lainya,  salah satu tarian yang terinspirasi dari hal tersebut adalah Tari Lenggang Nyai ini, Cerita ini asalnya dari daerah tanah Betawi yang menceritakan tentang kisah dari Nayai Dasimah.
Asal mula Tari Lenggang Nyai
Tari ini terinpirasi dari kisah Nyai Dasimah, Nyai Dasimah sendiri adalah Gadis yang sangat cantik yaang berasal dari Betawi, Nyai Dasimah ini sedang berada dalam kebingungan karena ia harus memilih dua pilihan untuk pasangan hidup, Yang seorang berasal dari pribumi sedangkan satu orang lagi berasal dari Belanda, dan kemudian ia memilih untuk menjadi istri dari pria Belanda yaitu Edward Wiliam, seiring berjalanya waktu Nyai Dasimah merasa terkekang oleh semua peraturan yang di buat oleh suaminya, kemudian Nyai Dasimah menjadikan alasan ini untuk memberontak atas kewenangan yang dilakukan terhadap dirinya, perjuangan atas hak hak perempuan itulah yang kemudian menginspirasi WIwiek Widiastuti untuk mengenang perjuangan Nyai Dasimah dan dituangkan dalam bentuk tarian.  
Karakter dari Tari Langgeng Nyai ini lebih banyak menampilkan bentuk gerak yang lincah sebagai personifikasi dari masyarakat Betawi, selain itu Tari langgeng Nyai juga menceritakan keceriaan dan kelincahan gadis belia Betawi dan tentunya kebahagiaan Nyai Dasimah yang bisa menentukan pilihan hidupnya, Karakter tari lenggang nyai lebih banyak menggunakan bentuk-bentuk gerak yang lincah sebagai personifikasi masyarakat betawi. Terkadang, seperti yang tidak bisa mengambil keputusan, gerakan tari ini menunjukan bagaimana ia bergerak pada satu sisi ke sisi lain. selain itu. 

Dalam segi kostum para penari mengenakan diminassi warna merah menyala serta dihiasi denagn hiasan kepala yang identik dengan tradisi dari China. dan sama halnya seperti tarian tarian betawi yang lan tari  ini juga tampil ddengan iringan musik Gambang Kromong yang mempunyai unsur budaya dari China.
Meskipun Tari Lenggang nyai ini termasuk dala seni tari yang baru  termasuk tarian karya baru, Namun tari ini dikatakan populer dikalangan Masyarakat betawi dan Sekitarnya, seperti halnya dengan ondel-ondel tari ini juga menjadi Ikon kusus bagi masnyarakat Betawi, hal ini dibuktukan dengan sering ditampilkannya dalam acara Khusus di Mancanegara serta nama lain yang diselamatkan pada tarian ini adalah Tari Lenggan Betawi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer