Breaking News
Loading...
Kamis, 09 April 2015

Mengenal lebih jauh Sumatera Barat

20.56
Mengenal lebih jauh Sumatera Barat
Sumatera Barat

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk lebih mengenal tentang Provinsi Sumatera Barat  yang masih berada di pulau Sumatera, Kita akan melihat Pakaian Adat, Bentuk Rumah Adat, Tari tarian, Senjata Tradisional, Bahasa, Suku, serta lau daerahnya, berikut adalah pengertian singkat dari Sumatera Barat;

Pakaian Adat


Mengenal lebih jauh Sumatera Barat
Pakian adat

Para lelaki dari Sumatera Barat ini mengenakan tutup kepala yang biasa disebut saluak, memakai baju yang berbentuk teluk belanga yang lenganya agak pendek serta melebar ke ujung. selembar kain diselempangkan di bahu dan sebuah keris yang diselipkan didepan perut, mereka juga memakai celana panjang dengan kain songket yang melingkari  tengah badan,
dan para wanitanya mengenakan tutup kepala bergonjang yang biasa disebut tangkuluk tanduak, dengan baju kurung dengan kain songket yang diselempangkan di bahu, wanita juga memakai perhiasan biasanya perhiasan yang dpakai berupa anting-anting, kalung yang tersusum, dan gelang pada kedua lengan tangan, pakaian ini berdasarkan adat minangkabau. 

Rumah Adat 

Mengenal lebih jauh Sumatera Barat
Rumah Adat

Rumah adat yang berada di Sumatera Barat bernama Rumah Gadang, Rumah Gadang dipakai masyarakat Sumatera Barat sebagai tempat tinggal, Rumah Gadang ini dapat kita ketahui dari tonjolan atap rumahnya yang mencuat keatas yang memiliki makna menjurus kepada Tuhan Yang Maha Esa, tonjolan tersebut dinamakan Gojoang yang banyanknya sekitar 4 sampai 7 buah. Rumah Gadang memiliki 2 sampai 3 lumbung padi antara lain Si Bayo-bayo yang artinya persedian padi bagi keluarga dari rantau. Si Tinjau Lauik, padinya untuk diberikan kepada yang tidak mampu dan Si Tangguang Litak, padinya khusus bagi yang punya rumah.

Tari-tarian Daerah Sumatera Barat

- Tari Piriang
Tari Piring adalah sebuah tarian tradisional yang melambangkan suasana kegotongroyongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

- Tari Payung

Mengenal lebih jauh Sumatera Barat
Tarian Sumatera Barat
 Tari Payung ditarikan oleh pasangan muda-mudi dengan payung tangan, sang pria selalu melindungi kepala sang wanita, sebuah perlambang perlindungan lelaki terhadap wanita.

-Tari Kiek Gadih Minang
Tari ini merupakan tari kreasi yang mendasarkan garapannya pada unsur-unsur gerak tari tradisi Minang. Tari kelompok ini menggambarkan kesibukkan gadis-gadis Minang di waktu subuh selagi bersiap-siap menuju mesjid.

Senjata Tradisional

Mengenal lebih jauh Sumatera Barat
Karih

Senjata tradisional yang sangat terkenal di Sumatera Barat ini bernama Karih yang tergolong dalam senjata tikam, disamping Kirah senjata tikam lainya adalah belati,  disamping tombak, ruduih yang disebut juga golok atau ladiang, tombak yang berujung tiga disebut Piarit.

Sukunya

Suku dan marga yang berada di daerah Sumatera Barat adalah Minagkabau (Guci, Piliang, Jambak, Chaniago, Tanjung, Pisang, Sikumbang, Panyalai, dan Koto), dan Mentawai

Bahasa Daerah yang dipakai adalah bahassa Minangkabau, Melayu, dan lain-lain.
serta Lagu daerah dari Sumatera Barat adalah Kampuang Nan Jauh Di Mato, Ayam Den Lepeh, Dayuang Palinggam dan yang lainya.

Sekian dari saya tentang penjelasan Sumatera Barat dari berbagai sumber semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer