Breaking News
Loading...
Senin, 13 April 2015

Tari Lilin dari Sumatera Barat

01.18
Tari Lilin dari Sumatera Barat
Tari lilin sumatera barat

Tari Lilin ini adalah sebuah tarian yang dipersembahkan dari sekumpulan penari yang  diiringi dengan sekumpulan pemusik, para penari akan membawa lilin yang menyala dan di letakan diatas piring yang di pegang pada setiap telapak tangan si penari, para penaari akan menarikan tarian ini secaraa berkumpul dengan  memusingkan piring yang diatasnya terdapat lilin yang menyala dengan hati-hati agar piring tersebut bisa datar, menukik, dan terbalik tetapi api dari lilin tersebut tidak padam.
Tarian lilin ini sendiri adalah sejenis kesenian dari istana dan dimainkan pada saat malam hari, untuk melakukan tarian ini para penari harus lah berlatih karena pergerakan dengan lilin yang menyala cukup sulit dilakukan.

Asal usul Tari Lilin Dari Sumatera Barat


Tari ini berasal dari Sumatera Barat, konon ceritanya pada zaman dulu ada seorang gadis yang telah di tinggalkan oleh tunanganya yang pergi mencari uang dengan cara berdagang, sewaaktu di tinggallkan oleh tunanganya gadis tersebut mengilangkan cincin pertunaganya, kemudian gadis tersebut mencari cincin itu samoai larut malam dengan menggunakan lilin yang diletakan diatass piring, dengan gerakan yang meliuk, membongkok, mengadah bedoa melahirkan keindahan tersendiri sehingga hal tersebut melahirkan tarian lilin di kalangan gadis-gadis desa tersebut. 
Tari Lilin dari Sumatera Barat
Tari Lilin


Jenis Tari Lilin Dari Sumatera Barat


Tari Lilin Dari Sumatera Barat ini adaalah tarian yaang dilakukan malam hari dan merupakan sejenis kesenian Istana. para penari ini memerlukan penarinya giat berlatih agar dapat mengawal pergerakan dengan lilin yang menyala tanpa kemalangan.








Demikian informasi yang bisa saya sampaikan dari berbagai sumber semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer