Breaking News
Loading...
Rabu, 25 Februari 2015

Tari saman media Dakwah

22.13


Sejarah Tari saman asal Aceh

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu kebudayaan indonesia yang telah diakui dinia, Yaitu tari saman, diantara keanekaragamaan tarian di seluruh bagian indonesia, tari  saman ini menjadi tari dalam katagori seni tari yang sangat menarik. Salah satu keunikan dari Tari saman unu yaitu terletak pada gerakanya yang kompak dan sangat menakjubkan. Para penarinya bergerak begitu rapih dan serentak mengikuti irama yang harmonis, Gerakan-gerakan teratur tersebut seakan akan digerakan hanya satu tubuh yang sangat rapih dan terus menari dengan kompak mengikuti setiap irama musiknya. Tidaklah berlebihan jika tari saman ini menjadi magnet para turis asing.tari saman banyak memikat hati para penikmat seni tari. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari mancanegara. dan saya akan membahas tarian ini :



Sejarah Tari Saman


Tari saman adalah tarian untuk merayakan peristiwa penting didalam adat, Tarian ini diciptakan oleh seorang ulama Gayo yang bernama syekh saman pada sekitar abad XIV sebelum masehi dari daratan tinggi Gayo, Pada awal mulanya permainan ini hanya berupa permainan rakyat yang bernama pok ane. lalu kemudian ditambah dengan iringan syair-syair yang berisi pujian terhadap ALLAH SWT, dan diiringi oleh kombinasi tepukan para penarinya, dan saat itu lah tari saman menjadi salah satu media dakwah. 
Awalnya  tari saman hanya hanya tampil acara acara tertentu, kususnya pada perayaan hari ulang tahun Nabi Besar MUHAMMAD SAW, atau disebut dengan peringatan maulit Nabi MUHAMMAD SAW.


Seiiring perkembangan waktu tari ini tidak hanya di tarikan dibawah kolong surau panggung namun tari ini pun berkembang hingga penggunanya menjadi semakin sering dilakukan dan sekarang tari saman digolongkan sebagai tari hiburan atau pertunjukan, karena penampilanya tidak terkait pada peristiwa atau upacara tertentu.


Biasanya Tari saman ditampilkaan pada acara yang bersifat keramaian dan kegembiraan seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dan perayaan lainya. Untuk tempatnya, tari Saman biasa dilakukan di rumah, lapangan, dan ada juga yang menggunakan panggung.

Tari Saman harus bisa bekerja sama dengan baik untuk menciptakan gerakan yng kompak dan harmonis, dan biasanya ditampilkan dipandu oleh seorang pemimpin yang yang biasa disebut Syekh. 




Makna dan Fungsi Tari saman


Tari Saman dijadikan sebagai media dakwah . Karena syair-syair yang dilantunkan dalam tari saman ini mengandung nasehat-nasehat dan dakwah, Sebelum Saman dimulai, tampil pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat. Pemuka adat memberikan nasehat-nasehat yang berguna kepada para pemain dan penonton. 
Namun seriring perkembangan zaman,  fungsi tarian saman menjadi bergeser. Dan jadi sering berfungsi sebagai media hiburan pada pesta-pesta, hajatan, dan acara-acara lain.

 Tari saman terdapat 5 Macam nyanyian yaitu :

A. Rengum yaitu dilakukan sebelum pidato pembuka regum ini adalah tarian bunyi, yang begitu berakhir lansung di sambungkan secara bersamaan dengan kalimaat yang terdaapat didalamnya, berupa pujian kepada seseorang, atau kepada Tumbuh-tumbuhan.

B. Radet yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.

C. Dering yaitu rengum yang segera diikuti oleh semua penari.

D. Syek yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak.

E. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.

Gerakan Tari Saman

Syekh saman dulunya mempelajari tarian melayu kuno untuk menyebarkan Agama islam, lalu dihadirkan kembali lewat gerakan yang disertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudahkan dakwahnya, Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman yaitu Tepuk tangan dan tepuk dada. 
Pada masa sekarang , tari saman yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.

Tarian Saman hanya menampilkan gerak berupa tepuk tangan dan gerakan lainya, seperti gerakan surang-saring, Lingan, dan Guncang. semua gerakan ini menggunakan bahasa gayo, makanya tari saman ini termasuk salah satu tarian yang cukup unik. 
Selain itu, ada 2 baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua penari Tari Saman harus menari dengan kompak. Tempo dalam tari saman biasnya semakin lama semakin cepat agar terlihat menarik.

Penari

Tari saman dimainkan oleh belasan bahkan puluhan penari laki-laki, dan jumlahnya juga harus ganjil. tetapi dalam pekembangan selanjutnya, tarian ini dimainkan juga oleh kaum hawa.
ada juga yang berpendapat bahwa tarian ini diratikan kurang dari 10 orang dengan 8  sebaagai penari dan 2 orang pemberi aba aba sambil bernyanyi.

Tetapi dalam perkembangan di zaman modern membenarkan bahwa suatu tarian itu akan semakin semarak apabila ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak. Di sinilah peran Syeikh, ia harus mengatur gerakan dan menyanyikan syair-syair tari Saman.

Kostum Tari Saman

Kostum atau busana khusus Tari saman terbagi dari tiga bagian yaitu:

  1. Pada bagian kepala tengkuluk dasar kain empat persegi, Dua segi disulam seperti baju, sunting kepies.
  2. pada bagian badan baju pokok yang dasarnya berwarna hitam kemudian disulam dengan benang Merah, Hijau ,dan Putih, baju berlengan pendek dan menggunakan kain sarung.
  3. Pada bagian taangan memakai sapu tangan, topeng gelang. dan dalam memainkan warna, warna tersebut adalah untuk identitas peminya dan mncerminkan kekompakan, keberanian, kebijaksanaan, keperkasaan, dan keharmonisan.

Tari saman ini tidak hanya populer di indoesia saja tetapi juga populer dikalangan mancanegara seperti Australia dan Eropa,  Baru-baru ini tari saman di pertunjukkan di Australia untuk memperingati bencana besar tsunami pada 26 Desember 2006 silam. Maka dari itu, kita harus bangga dengan kesenian yang kita miliki, dan melestarikannya agar tidak punah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer