Breaking News
Loading...
Kamis, 26 Februari 2015

Menghitung Jumlah Penduduk Dan Macam macam Suku Di Jawa Barat

23.30


PULAU JAWA

Jawa adalah salah satu pulau terbesar yang ada di indonesia menurut kemonkesra jawa terdiri dari 13.466 pulau yang tersebar di daratan negara indonesia, dan juga terdiri dari 6 privinsi yang salah satunya dijadikan sebagai ibu kota indonesia yaitu yang disebut provinsi DKI atau Daerah Khusus Ibu kota kalarta.
mengingat bahwa pulau jawa merupakan sentra bagi aktivitas masyarakat dan pusat perekonomian negara, sehingga bnyak masyarakat berbondong bondong datang ke pulau jawa dengan tujuan mencari kerja, berusaha ,dan belajar, oleh karena itu pula jawa ini adalah pulau terpadaat di Indonesia. 
dengan tidak membeda bedakan dan mendiskrimnasikan daerah lain, pulai jawa memiliki daya tarik yang tinggi diantara pulau pulau yang lain di Indonesia.
dengan daya tarik yang begitu kuat pulau jawa telah menarik masyarakat dari penjuru indonesia, sehingga berbagai suku pun terdapat di pulau jawa ini, Walaupun demikian Pulau Jawa memiliki suku atau penduduk asli yang tinggal di Pulau Jawa yang terbesar di berbagai wilayah atau Provinsi di Pulau jawa, dan tak sedikit suku asli Pulau Jawa yang Tranmigrasi ke wilayah lain luar Pulau Jawa, pada tahun 2010 badan statistik memlalui sensus telah menghitung bahwa Pulau jawa yang terdiri dari 6 Provinsi di huni sekitar ±  136,082,364 jiwa Dengan Rincian Sebagai Berikut :

  1. Provinsi Jawa Timur Memiliki Jumlah Penduduk :       37,205,052 Jiwa.
  2. Provinsi Jawa Tengah Memiliki Jumlah Penduduk :     32,295,172 Jiwa.
  3. Provinsi DI Yogjakarta Memiliki Jumlah Penduduk :   3,451,006 Jiwa.
  4. Provinsi Jawa Barat Memiliki Jumlah Penduduk :        42,982,078 Jiwa.
  5. Provinsi DKI Jakarta Memiliki Jumlah Penduduk :       9,547,541 Jiwa.
  6. Provinsi Banten Memiliki Jumlah Penduduk :               10,601,515 Jiwa.
Jumlah Total Penduduk adalah : 136,082,364 Jiwa.



Jumlah Di atas juga termasuk dari warga pendatang dari daerah lain yang telah tinggal dan menetap, terutama di Provinsi DKI Jakarta. Jadi jumlah tersebut tidak bisa dikataakan jumlah jiwa suku asli Pula Jawa,  

Penduduk asli Pulau jawa saat ini terdapat ± 11  Suku Antara Lain ;

No
Propinsi
Nama Suku
1.
Jawa Timur
Suku Jawa
Suku Bawean
Suku Madura
Suku Osing
Suku Tengger
2.
Jawa Tengah
Suku Jawa
Suku Samin
3.
DI Yogyakarta
Suku Jawa
4.
Jawa Barat
Suku Sunda
Suku Cirebon
5
DKI Jakarta
Suku Betawi
6.
Banten
Suku Baduy
Suku Banten

Demikian adalah Suku Yang Ada DiPulau Jawa, Terima Kasih Atas Perhatianya.

2 komentar:

  1. wah, ternyata banyak juga yah suku di Pulau Jawa, makasih atas infonya gan. Kunjungin juga http://seoptimazer.blogspot.com/

    BalasHapus

 
Toggle Footer