Breaking News
Loading...
Sabtu, 21 Februari 2015

Pengertian Tentang Museum Indonesia

21.22


 Kali ini bahasan sayaa adalah tentang museum pasdi dari kalian sebagian besarnya sudah pernah mengunjungi museum di kota kalian masing masing dan mungkin sudah terbayang bagaimana rupa bentuk dan kolekssi yang yang dipamerkanya. tetapi bagi kalian yang belum pernah mengetahui apapa tentang apa itu museum atau bahkan belum pernah mungunjunginya kalian jangan hawatir karena dbagian bagian kota kalian masing masing terdapat cukuo banyak museum yang dikelola pemerintah maupun pihak swasstayang bisa kalian kunjung.

PENGERTIAN MUSEUM

     Membahas soal museum  apa aapa itu museum ? Mari kita mengenal istilaah museum tersebut secara luas, Museum sendiri menurut istilah berasal dari bahasa yunani yaitu asal dari kata Museion, sedangkan Museion sendiri adalah sebuah tempat suci untuk memuja Sembilan Dewi dan ilmu pengetahuanya. sedaanglan menurut permuseuman duinia (ICOM) International Council of Museum pengerrtian tentang musem adalah
Sebuah tempat yang tetap ,melayani masyarakat tidak mencari keuntungan, daan terbuka untuk umum yang merawat, mengumpulkan, menghubungkan dan memamerkannya hanya untuk tujuan tujuan Pendidikan, Studi, dan Sarana hiburan semata serta barang pembuktian manusia dan lingkunganya.

     Selain pengertian diatas ada jugaa yang mengartikan museum itu sebagai satuan badan yang mempunyai kegiatan daan tugas menerbitkan serta memamerkan hasil pengetahuan dan hasil penelitian tentangbenda benda yang penting bagi kebudayaan dan ilmu Pengetahuan, Museum ini juga merupakan system yang tersendiri atas berbagai bagian dan atau komponen yang saling berhubungan dan berinteraksi, karena setiap komponen itu hidup, bergerak karena berfungsi.


SEJARAAH MUSEUM

Museum merupakaan bagian dari sejarah bangunan banunan yang diabadikan serta perkembangan-perkembangan pembangunanya, selepas dari itu dala sejarah telah tercatat bahwa salah satu dari dewi  tersebut adalah mouse, yang dilahirkan oleh istri dari Mahadewa Zous. Dewa dan dewi tersebut bersemayam di pegungungan yaang bernama Olympus. Selain tempat suci Museion juga merupaakan tempat berkumpulnya para Cendikiawan yang menyelidiki serta mempelajari ilmu pengetahuan, dan juga sebagai tempat pemujaan Dewa Dewi.
      Ada pula bangunan lain yang diketahui memiliiki hubungan dengan sejarah museum selain bangunan Museion ini, bangunan ini adalah bagian kompleks perpustakaan yang mempunyai bangunan khusus untuk seni dan sains, terutama filosofi dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM. Museum sendiri berkembang sejalan dengan berkembangnya pengetahuan dan manusia sehingga membutuhkan fakta dan bukti kongkrit tentang catatan sejarah kebudayaan.


TYPE TYPE MUSEUM
Museum juga memiliki type yang cukup bergam, mulai dari museum yang minimalis, kecil yang mencakup satu wilayah dengan objek tertentu, Hingga ke museum yang mewah yang memiliki koleksi yang cukup lengkap dengan berbagai type atau kategori museum.
Berikut adalah daftar type kategori atau kelompok museum ;

1. Seni Populer (Fine Arts)
2. Seni Terapan (Applied Arts)
3. Kerajinan Tangan (Craft)
4. Antropologi dan Etnologi
5. Arkeologi
6. Sejarah
7. Sejah Budaya (Culture History)
8. Sejarah Militer
9. Sains
10. Teknologi
11. Museum anak-anak
12. Sejarah Alam (natural history)
13. Numismatics (Mata uang)
14. Taman Botani dan Zoologi (botanical and zoological garden) dan
15. Filateli (Museum Prangko)

FUNGSI  MUSEUM
Setiap  museum pasti memiliki fungsi dan kegunannya
Berikut adalah fungi fungsi dari museum :

1.  Sebagai cermin sejarah manusia, alam, dan kebudayaan
2.  Objek wisata
3.  Media pembinaan pendidikan kesenian dan ilmu pengetahuan
4.  Sebagai pusat dokumentasi dan penelitian ilmiah
5.  Pusat perkenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa
6.  Pusat penikmat karya seni
7. Sarana untuk bersyukur dan mengingat kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa
8. Suaka alam dan Suaka Budaya
9. Pusat transpormasi ilmu untuk umum

Bagi kalian yang Belum mengunjungi museum, museum ini juga tempat yang cocok untuk tempat wisata anda karena memiliki banyak manfaat dan pelajaran yang didapat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang museum dan membuat anda tertarik untuk mengunjunginya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer