Breaking News
Loading...
Minggu, 15 Februari 2015

Surga bawah laut di pulau raja ampat

22.17

Selamat datang di surga dunia yang bertempat di kepulauan kabupaten sorong yang dinamakan Raja ampat bagi anda yang ingin menepi dari hingar bingar kebisingan kota dan ingin menikmati salah satu karya tuhan yang maha indah kalian bisa berkunjung ke raja ampat ini dimana dengan pesona alam yang begitu memanjakan mata, keindahan bawah laut dengan segala jenis ikan dan terumbu karangnya, serta ketengan  yang membuat anda sejenak melupakan masalah dan menikmati surga dunia ini.

Adapunn beberapa hal penting yang harus anda ketahui tentang Raja ampat ini;

1. Terdapat diantara 610 Pulau

Raja Ampat merupakan perpecahan dari Kabupaten Sorong, sejak tahun 2003. yang penduduknya kisaran 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau tetapi hanya 35 pulau yang dihuni. dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, tetapi hanya 6.000 km2 adalah daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Beberapa pulau juga ada yang belum terjamah oleh manusia yang masih asli membuat daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal maupun asing yang membuat mereka tertarik untuk menjelajahi seluruh perairan di Pulau Papua ini.
Tempat ini juga sempat menjadi korban oleh para pemburu uang yang tak bertanggung jawab mereka dengan sadis mengebom serta meracuni biota bawah laut sehingga banyak ikan ikan yang mati dan terumbu karang yang rusak demi keuntungan mereka sendiri, tetatpi ada juga penduduk yang erupaya menyelamatkan dan melindungi kawasan laut tersebut sehingga kelestarian alam bawah laut dapat terselamatakan, Di Raja Ampat terumbu karangnya dinilai sebagai yang terlengkap di dunia. Karena Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan juga 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Luar biasa.
2. keindahanya
Jika kalian penggemar diving ( menyelam). disini ada papua diving salah satu resort yang sangat eksotis menawarkan wisata bawah laut disekitar tempat itu, juga telah banyak disambangi paara turis dari berbagai negara.
pengeloaanya pun tidak mudah Maximillian J ammer warga asal belanda yang memiliki Papua diving ini bersusah payah untuk memulai usahanya dia harus memiliki beragai fasilitas untuk memuaskan turis turis mancanegara agar mereka betah berada di Raja ampat ini dan hasilnya pun memuaskan, Setiap tahunnya resor ini dikunjungi minimal 600 turis spesial yang menghabiskan waktu rata-rata dua pekan.
walaupun penginapan yang ditawarkan cukup sederhana hanya berdinding serta beratap anyaman daun kelapa tapi sangat nyaman untuk ditempati bertarif minimal 75 euro atau Rp 900.000 semalam. Jika ingin menyelam harus membayar 30 euro atau sekitar Rp 360.000 sekali menyelam pada satu lokasi tertentu. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan dari eropa .
Karena lokasi menyelam yang sangat luas dan banyak sekali keaneka ragaman bawah laut serta keindahan yang ditawarkannya banyak wisatawan yang penasaran dan mengundang banyak turis untuk menyelam, hampir setiap hari mereka menyelam. 
Papua diving telah memperbarui fasilitasnya tepat 3 tahun yang lalu mereka membuat penginapan modern tak jauh dari lokasi penginapan pertama penginapan ini juga di fasilitasi peralatan moderen seperti telepon internasional dan internet , hasilnya pun tidak sia sia walaupun harga yang ditawarkan mencapai 225 uero atau Rp 2,7 juta ,tetapi lokasi ini hampir selalu penuh dipesan.
tanaseperti pulau lainya pulau mansuar ini juga masih sangat asri karena hutanya pun sangat terjaga dan air lautnya pun terlihat sangat bening sehingga kita bisa melihat biota bawah laut dari permukaan.

2. keamananya sangat terjaga
Resort yang dibuat tersebut juga melibatkan warga lokal bahakan 90 dari 10 karyawanya adalah warga papua,  Penduduk juga memasok ikan, sayur-mayur, buah-buahan, dan lainnya. ada juga saalah satu paket wisaata yang menawarkan para turis mengunjungi perkampungan untuk melihat kegiatantanaman dan heewan setempat termasuk burung , banyak jga wisatawan dermawan yang menjadi donatur untuk pembangunan tempat ibadah dan pendidikan anak anak di pulau mansuar.
Max Ammer sang pemilik resort mempunyai visi untuk meningkatkan ekonomi dan keterampilan warga setempat. sebagian dari mereka ada yang di latih berbahasa asing dan dilatih menyelam untuk keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan.
Selain kelautan dan perikanan, Raja Ampat juga memiliki kekayaan sumber daya alam, antara lain minyak bumi dan nikel. Di dalam  dasar lautnya juga banyak terdapat kapal-kapal karam bekas Perang Dunia II yang diperkirakan memuat “harta karun” bernilai tinggi. Namun, jika salah kelola, kegiatan eksploitasi semua itu dikhawatirkan mengancam kelestarian dan keindahan alam lautnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer