Breaking News
Loading...
Jumat, 03 Maret 2017

Tari Gong Budaya Khas Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur

23.45
Tari Gong Budaya Khas Suku Dayak Kenyah Kalimantan TimurTari Gong adalah salah satu tarian dari sekian banyak tarian yang berasal dari kalimantan timur, sama dengan namanya tarian ini menggunakan alat gong sebagai media untuk menari, tari gong ini di tarikan oleh beberapa gadis cantik dengan gong sebagai alat musik pengiringnya, tari gong ini biasa disebut juga dengan nama kencet lendo, biasanya diadakan pada saat upacara menyambut kelahiran seseorang bayi kepala suku tersebut dan upacara penyambutan tamu agung.

Tari Gong Budaya Khas Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur

Tari gong ini menggambarkan gerakan tarian yang begitu lembut, dengan gerakan tangan yang sederhana serta tidak banyak terdapat pola gerakan bahkan banyak juga gerakan yang di ulang-ulang, selain dari gerakan tangan, tari gong ini juga melibatkan gerakan kaki dan tubuh saat melangkah dan berpijak pada gong, dan yang istimewa dari tari ini adalah dibutuhkan kelenturan serta keseimbangan, selain gong musik pengiringnya juga dilengkapi sapeq, yaitu alat musik dipetik serupa kecapi. Musik pengiring tarian ini cenderung datar dan sama dari awal hingga akhir tetapi aroma keindahan dan kekhusukkannya betapa terasa.

Pakaian yang biasa dikenakan penari adalah pakaian adat Dayak Kenyah. Baju manik dengan warna cerah dan corak khas Dayak biasanya dilengkapi pula dengan taah. Taah adalah pakaian khas wanita suku Dayak berupa kain beludru yang dihiasi manik-manik, biasanya dipakai dengan cara dililitkan pada pinggang. Selain itu, kepala penari biasanya bertahtakan lavung, yaitu topi yang dibuat dari rotan berhiaskan corak atau motif yang senada dengan pakaian dan taah. Pelengkap pakaian yang lainnya adalah kalung manik-manik atau yang terbuat dari gigi atau taring macan.

Pada saat menari terselip ditangan penari rangkaian bulu ekor dari burung enggang. Tari ini lebih lembut dan sederhana dibanding dengan tari enggang. Iringan tari ini menggunakan alat musik sapeq atau kecapi dengan sajian tempo lambat.

Fungsi tari ini ditampilkan dalam upacara adat dan penyambutan tamu serta festival budaya. Hingga sekarang Pertunjukan tari ini banyak dikreasi mulai dari busana dan gerakan tari.

1 komentar:

  1. KESAKSIAN KISAH NYATA 2017

    ASSlamualaikum Wr.Wb. nama saya:rini ahmat asal dari kota manado cari hidup di yogyakarta saya anak 3 dari 6 bersaudara, saya mau berbagi cerita
    dulu saya seorang pembantu di ibu rumah farida kota yogyakarta, setelah saya membuka internet, tanpa sengaja saya
    menemukan satu komentar pengujung yang menceritakan kalau dia perna diberikan ATM GHOIB oleh MBAH BINTANG, dari awal saya
    tidak percaya tapi setela saya hubungi MBAH BINTANG pas jam. 08.oo saya cerita semua dalam kehidupan saya sehari2
    pas BHA BINTANG mendenggar cerita saya lasung membantu saya di suru berangkat ke ATM untuk tarik uang,ternyata
    Betul Ajaib uang 5juta lansung keluar sendirinya Tampa ada bantuan dari Tombol mesin cuma masukan kartu saja ATM GHOIB
    Benar2 Ajaib.kini Ekonomi saya dan keluarga sudah mencukupi dan aku suda membuka toko mas yang ada di kota manado
    karna semua bantuan dari MBAH BINTANG semoga di berikan umur yang panjang AMin agar bisa membantu orang yang susah
    di dunia ini. kalau ada kesulitan Ekonomi segera hubunggi MBAH BINTANG insah ALLAH MBAH akan membantu kalian ini nomornya
    085217085317 semoga anda berhasil ya,,, wasallam!!!



    KLIK:> Solusi Pesoalan Ekonomi 2017

    BalasHapus

 
Toggle Footer