Breaking News
Loading...
Minggu, 28 Agustus 2016

5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan

23.13
5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan - Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki beribu pulau dari sabang hingga marauke, dan tentu saja memiliki kebudayaan yang sangat beraneka ragam, Salah satu kebudayaan yang patut kita ketahui adalah kebudayaan Kalimantan yang menyimpan banyak misteri. Keberadaan suku Dayak di Pulau Kalimantan yang memiliki kekuatan magis sering disangkut-pautkan dengan kebudayaan Kalimantan.

Dan pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa tarian yang ada di kalimantan ini,  daripada kita berspekulasi lebih jauh tentang tari apa saja yang terdapat pada Kalimantan ini yang mungkin belum sepenuhnya kalian ketahui,
Namun sebelum mengetahui tari apa saja yang ada di pulau Kalimantan, ada baiknya kita ketahui dulu asal dari nama Kalimantan.

Asal-Usul Nama Kalimantan

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di peta kepulauan Indonesia, Kalimantan merupakan pulau terbesar yang ada di negeri ini. Pulau yang terletak di sebelah baratPulau Sulawesi ini dibagi menjadi tigaa bagian wilayah, yakni wilayah Indonesia, Brunei, dan Malaysia. Banyaknya sungai yang terdapat di pulau ini membuat Kalimantan dijuluki sebagai pulau seribu sungai.

Pada awalnya, wilayah Kalimantan meliputi seluruh wilayah pulau tersebut, termasuk wilayah Borneo yang pada zaman dahulu dijadikan nama kesultanan Brunei. Namun, lama kelamaan, nama Kalimantan menjadi sangat identik dengan Indonesia sehingga begitu mendengar nama tersebut, yang terbayang adalah sebuah pulau besar yang di dalamnya hidup masyarakat Indonesia.

Sementara itu, asal-susul nama Kalimantan sendiri sebetulnya belum mendapat kepastian yang jelas karena di satu pihak, sebutan kelamantan digunakan di Serawak sebagai panggilan untuk kelompok penduduk yang mengonsumsi sagu sebagai bahan makanan pokok. Sementara di pihak yang lain, ada juga yang menyebutkan bahwa kata Kalimantan berasal dari nama buah yang sejenis dengan buah mangga. Mangga tersebut biasanya disebut klemantan dan bisa ditemukan di daerah pedesaan Ketapang yang ada di Kalimantan Barat.

Lantas, ada pula yang menyebutkan bahwa Kalimantan berasal dari nama-nama suku yang ada di pulau tersebut, seperti suku Iban, suku Kayan, suku Kenyah, suku Murut, dan suku Punan. Kalimantan digunakan sebagai nama baru oleh masyarakat Melayu. Meskipun ada pula yang mengatakan bahwa kata Kalimantan bukanlah kata asli dari bangsa Melayu, melainkan kata serapan yang juga senasib dengan kata Melayu yang berasal dari kata "Malaya".

Pendapat terakhir yang disebutkan dalam beberapa literatur adalah bahwa kata Kalimantan berasal dari Bahasa Sansekerta, yakni "Kalamanthana" yang berarti pulau yang sangat panas.

Meskipun asal-usul nama pulau tersebut belum bisa dipastikan dengan benar, namun Kalimantan juga memiliki sejarah yang membuat namanya dikenal dengan banyak sebutan. Dari mulai kerajaan Singasari yang menyebutnya sebagai "Bakulapura" yang kemudian bertransformasi ke dalam bahsa Melayu menjadi "Tanjungpura", sebutan "Nusa Kencana" dari naskah-naskah Jawa Kuno, sampai "Ujung Tanah" sebagai sebutan yang diberikan dari naskah kunoMelayu.
Dan berikut Tarianya :

1. Tari Baksa Kembang

5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan

Tari ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Tarian ini biasanya untuk menyambut tamu agung yang datang ke daerah Kalimantan Selatan. Para penarinya terdiri dari para wanita yang dapat ditarikan beramai-ramai atau secara tunggal.

Tari Baksa Kembang menggambarkan seorang putri yang sedang memetik bunga di taman diiringi tabuhan gamelan khas Banjar dan busana yang penuh manik-manik.

2. Tari Tambun Bungai

5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan

Tarian ini berasal dari Kalimantan Tengah yang mengisahkan tentang kepahlawanan Tambun dan Bungai mengusir musuh yang akan merampashasil panen rakyat.

3. Tari Balean Dadas

5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan

Tarian Balean Dadas juga berasal dari Kalimantan Tengah. Tarian ini merupakan ritual untuk memohon kesembuhan bagi penduduk yang sakit.

4. Tari Gong

5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan

Tari Gong berasal dari Kalimantan Timur. Tarian ini biasanya ditarikan dalam upacara penyambutan tamu agung atau pada upacara kelahiran anak dari seorang kepala suku.

5. Tari Perang

5 Budaya Tari Yang Ada Di Kalimantan

Tarian ini juga berasal dari Kalimantan Timur yang menggambarkan peperangan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis yang diimpikan.
Senjata

Kebudayaan Kalimantan yang terkenal dapat dilihat dari senjata penduduknya yang mayoritas adalah suku banjar dan suku Dayak. Senjata mereka yang terkenal hingga dunia internasional adalah mandau dan talawang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer